Home Berita Musrenbang RKPD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021

Musrenbang RKPD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021

42
0
SHARE
Musrenbang RKPD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021

Musrenbang RKPD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2021 dengan tema “Peningkatan Daya Saing Pariwisata dan Produk Pertanian serta Pembangunan Infrastruktur” dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 bertempat di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya. Acara ini dipimpin oleh Bupati Kabupaten Tasikmalaya, H. Ade Sugianto,S.I.P. dan dihadiri oleh Perangkat Daerah, anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Perguruan Tinggi, Perbankan, BUMN/BUMD, Muspida, Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

Tujuan dilaksanakannya Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD yaitu :

  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.
  2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa
  3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja (Musrenbang) Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tasikimalaya Tahun 2021 dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan RKPD Kabupaten Tasikimalaya Tahun 2021. Bupati menyampaikan ada 3 (tiga) apresiasi untuk Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dianataranya Piagam Penghargaan Harmony Award, Penghargaan Kabupaten Layak Anak, dan Penghargaan Kabupaten Sehat. Sementara untuk kondisi yang diharapkan tercapai pada tahun 2021 yaitu Indeks Pembangunan Manusia 66,17 poin, Laju Pertumbuhan Ekonomi 5-6 %, dan PDRB Sektor Pertanian Rp 14,7 Triliun.

Terkait dengan kasus Corona Virus  Disease (COVID 19)  yang sedang membuat warga Tasikmalaya khawatir akan bahaya virus tersebut, Bupati menghimbau agar warga tetap siap siaga dan jangan panik dalam menghadapi virus COVID 19. Warga dihimbau untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan peka terhadap gejala dari virus COVID 19. Kabupaten Tasikmalaya sudah mempersiapkan rumah sakit rujukan untuk pasien yang terjangkit virus ini, diantaranya Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama, RSUD dr.Soekardjo.