Home Berita Selamat Hari Meteorologi Sedunia

Selamat Hari Meteorologi Sedunia

8
0
SHARE
Selamat Hari Meteorologi Sedunia

Tema perayaan Hari Meteorologi Dunia tahun 2020 yaitu "Climate and Water". Tema tersebut sejalan dengan tema dari  Hari Air Dunia atau World Water Day 2020, yang berorientasi pada isu perubahan cuaca dan air atau “climate change and water”.

Bagaimana asal mula Hari Meteorologi Internasional ini dirayakan setiap tanggal 23 Maret?

Pada tanggal yang sama di tahun 1950, Wold Meteorological Organization (WMO) dibentuk. Organisasi tersebut adalah sebuah badan spesialisasi di bidang meteorologi, hidrologi operasional, dan geofisika, di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB.

Namun jauh sebelum lahirnya WMO tersebut, telah ditandatangani Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas negara, di Wina, Austria, saat Kongres Meteorologi Internasional pertama. Konvensi Meter merupakan kerangka kerja untuk kolaborasi global dalam ilmu pengukuran dan dalam aplikasi industri, komersial, dan masyarat dengan tujuan keseragaman pengukuran di seluruh dunia.

Selain itu, kongres tersebut juga bertujuan untuk membangun jaringan meteorologi yang dihubungan dengan telegraf untuk peningkatan prakiraan cuaca. Pada perayaan World Metrology Day atau Hari Meteorologi Sedunia yang ke-70 tahun ini, Badan Meteorologi Dunia (WMO) menetapkan tema Measurements for Global Trade atau Pengukuran untuk perdagangan global. Tema tersebut dipilih untuk menciptakan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya peran pengukuran dalam memfasilitasi perdagangan global yang adil.

Selain itu, pengukuran juga digunakan untuk memastikan produk memenuhi standar dan peraturan, dan memuaskan harapan kualitas pelanggan. Metrologi yang lebih luas, ilmu pengukuran, memainkan peran sentral dalam penemuan dan inovasi ilmiah, serta manufaktur industri dan perdagangan internasional dalam meningkatkan kualitas hidup dan dalam melindungi lingkungan global.