Print

Pelatihan Pencacahan Penyusunan Parameter Pertumbuhan Pembangunan Manusia Kabupaten Tasikmalaya

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

PELATIHAN PENCACAHAN PENYUSUNAN PARAMETER PERTUMBUHAN PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN TASIKMALAYA

TAHUN 2014

 

Pada hari Selasa, tanggal 30 September 2014, telah diselenggarakan PELATIHAN PENCACAHAN PENYUSUNAN PARAMETER PERTUMBUHAN PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN TASIKMALAYA tahun 2014 yang diselenggarakan Bappeda yang bekerjasama dengan BPS Kabupaten Tasikmalaya bertempat di Hotel Dewi Asri Singaparna, Dalam rangka Silaturahmi dan sinkronisasi rencana pencacahan IPM Kabupaten Tasikmalaya. Pada Kesempatan tersebut Kepala Bappeda dan Kepala BPS Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Pihak Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) dan mitra BPS atau Petugas Cacah Lapangan (PCL) dari semua kecamatan yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara Rapat tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Yusep Yustisiawandana, MM mengatakan bahwa Survey Parameter Pertumbuhan Manusia Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014 ini dilaksanakan untuk melengkapi ketersediaan data Indikator Pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya. Indikator IPM merupakan salah satu data yang dapat menunjukan capaian hasil pembangunan di bidang Kesehatan, Pendidikan dan Daya Beli.

Oleh karena itu untuk meningkatkan akurasi data yang dihasilkan dan sejalan dengan peningkatan frekwensi permintaan data khususnya series data IPM, maka pengumpulan data melalui Survey Parameter Pertumbuhan Pembangunan Manusia Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014 ini diharapkan lebih baik dan mencakup seluruh wilayah Kabupaten sampai ke Tingkat Desa.

Selain itu Kepala BPS Kabupaten Tasikmalaya Ir. Gandjar Rachman dalam sambutannya mengatakan bahwa Survey Parameter Pertumbuhan Pembangunan Manusia Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014 ini akan menghasilkan data strategis yang harus dirilis tepat waktu. Oleh karena itu perencanaan, persiapan, pelaksanaan lapangan, pengolahan, dan penyajian data kegiatan Survey ini harus sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Survey Parameter Pertumbuhan Pembangunan Manusia Kabupaten Tasikmalaya tahun 2014  mencakup 3.510 rumah tangga sampel yang tersebar di seluruh Kabupaten Tasikmalaya yang tersebar di 351 desa dan tercakup di 39 Kecamatan, data hasil pencacahan diharapkan dapat disajikan sampai dengan tingkat kecamatan.

 

Penulis : Firman Krisnawan. (Pengolah Data Keg. Bid. Fisik, Ekonomi, Sosial dan Pemerintahan) pada bidang Statistik dan Pelaporan

Print

Rapat Koordinasi Antara Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dengan BBWS Citanduy

Written by Fisik. Posted in Berita Bappeda

 

Selasa, tanggal 25/6 2014, telah diselenggarakan Rapat Koordinasi Antara Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy bertempat di Ruang Pertemuan Pendopo Bupati Tasikmalaya, dalam rangka Silaturahmi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan bidang Sumber Daya Air di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Pada Kesempatan tersebut Bupati Tasikmalaya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Pihak BBWS yang telah mau menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara Rakor tersebut, serta disampaikan juga permohonan dan pengharapannya kepada pihak BBWS untuk dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam pembangunan di bidang Sumber Daya Air di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.              

Rakor tersebut, selain dihadiri oleh Pihak BBWS Citanduy, dihadiri pula oleh PDAM Tirta Sukapura serta para Kepala Dinas yang membidangi atau terkait dengan pengelolaan Sumber Daya Air di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.   

Air merupakan Sumber Daya bagi Kehidupan Manusia, yang selalu dibutuhkan setiap saat, berkenaan hal tersebut maka perlu upaya bersama dalam menjaga dan mengelola keberlanjutan ketersediaan sumber daya air di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Pesan yang dapat disampaikan adalah "Jangan Wariskan Air Mata, tapi Wariskan Mata Air untuk Kehidupan Kita"

Print

Pembahasan RZWP3K

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Jumat (20/6) bertempat di ruang rapat wiratanuningrat Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tasikmalaya (Bappeda) diadakan Rapat pembahasan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. R   apat yang dipimpin oleh Kepala Bappeda, Drs. H. Yusep yustisiawandana, M.M., dihadiri oleh  SKPD terkait yang berada di lingkup Pemkab Tasikmalaya dan Loka Pesisir kementerian Kelautan dan Perikanan. Kepala Bappeda dalam pengantar menyampaikan bahwa dokumen RZWP3K yang disusun ini harus dapat diimplementasikan sebagai panduan dalam pengembangan wilayah pesisir. Lebih lanjut kepala Bappeda menyampaikan bahwa dalam penyusunan rencana pola ruang RZWP3K ini harus benar-benar diperhatikan penentuan kawasan konsevervasi dan kawasan budidaya sehingga pengembangan wilayah dapat dilakukan dengan baik namun tetap menjaga kelestarian lingkungan di kawasan pesisir.

Kabid Kelautan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan, Ir. Rita Setiawati, M.P., menyampaikan bahwa dokumen RZWP3KT ini sedang dalam proses pembuatan raperda dan diharapkan dapat menjadi peraturan daerah pada tahun 2014 ini telah dapat ditetapkan. Sementara itu Kabid Ekonomi Bappeda, Amir Sudyana, S.E., M.M., menyampaikan bahwa hendaknya semua SKPD terkait nantinya bisa memakai RZWP3K ini sebagai acuan pengambilan kebijakan untuk pengembangan wilayah pesisir. Dalam sesi diskusi, Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ir. Dudi Sudrajat, M.P., menyampaikan bahwa dalam RZWP3K harus diperhatikan juga penataan dan pengelolaan  hutan khususnya hutan rakyat sebagai salah satu penggerak ekonomi masyarakat.

 

Print

Pernikahan Imam dan Nina

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Segenap keluarga besar Bappeda Kabupaten Tasikmalaya mengucapkan Selamat menikah, Imam Abdurrahman, S.T., bidang fisik Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrohmah, 12 Juni 20014 gedung martini Manonjaya.

Print

Rapat Sistem Pengendalian Kinerja RPJMD

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Senin (9/6) bertempat di ruang rapat wiratanuningrat Bappeda Kabupaten Tasikmalaya diadakan rapat Sistem Pengendalian Kinerja RPJMD. Dalam Rapat yang dihadiri oleh pejabat struktural di Bappeda, Sekretaris Bappeda, Drs. Roni Akhmad Sahroni, MM., menyampaikan bahwa pemerintah daerah perlu mempunyai sebuah sistem pengendalian yang baik untuk memantau pencapaian indikator kinerja RPJMD.

Kabid Statistik dan Pelaporan, Drs. Rudi Sonjaya, M.Pd menyampaikan bahwa sistem pengendalian kinerja RPJMD ini akan mencakup pengendalian untuk semua indikator kinerja utama (IKU) baik itu yang tercantum dalam RPJMD, renstra SKPD maupun IKU kegiatan. Kepala Daerah akan dengan mudah memantau pencapaian indikator kinerja tersebut secara online dan dapat menjadikan Sistem Pengendalian Kinerja RPJMD ini sebagai Sistem Pengambilan Keputusan atau Decission Support System (DSS) sebagai bahan pengambilan keputusan dan kebijakan. Metoda pengendalian capaian indikator kinerja yang dilakukan menggunakan tools Balance Score Card (BSC) yang sekarang ini banyak digunakan di berbagai institusi baik pemerintahan maupun swasta.

Login Via Facebook


BULETIN BAPPEDA

Who's online

We have 8 guests and no members online