Print

Pembahasan Kesepahaman Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2015

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Pada hari Selasa, Tanggal 27 Januari 2015 telah dilaksanakan Rapat Pembahasan Kesepahaman Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tasikmalaya tahun 2015 bersama unsur SKPD Kabupaten Tasikmalaya. Acara dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Drs. Roni A. Sahroni, MM didampingi oleh Kepala Sub Bagian Program Tatang Wahyudin, SP., MP. dihadiri oleh unsur Bappeda dan Kepala Sub Bagian Progam pada masing-masing SKPD di Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun yang menjadi kesepahaman pada pertemuan kali ini yaitu terkait Pagu Indikatif Kecamatan (PIK), kemudian terkait Anggaran Dana Desa (ADD), dan Gerakan Aksi Daerah di seluruh Kecamatan, diharapkan agar SKPD dapat sinergi dengan Bappeda terkait usulan program/kegiatan yang akan diusulkan melalui Kecamatan maupun Dinas. 

Print

RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LKPJ BUPATI TASIKMALAYA TAHUN 2014

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Pada hari Selasa, 27 Januari 2015 bertempat di Aula Wiradadaha Kantor Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, telah dilaksanakan Rapat Persiapan Penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah Daerah (LKPJ) tahun 2014. Acara dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik dan Pelaporan (Statpel) Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Drs. Rudi Sonjaya, M.Pd dan dihadiri oleh Unsur SKPD Kabupaten Tasikmalaya.

Pasal 27 ayat 2 UU No. 32 Tahun 2004 menyampaikan bahwa Kepala daerah berkewajiban untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada Pemerintah dan memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada DPRD, serta menginformasikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

Kepala Bidang Stapel Bappeda Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan bahwa proses penyusunan LKPJ Bupati Tahun 2014 akan dibagi kedalam 2 (dua) Buku besar. Mekanisme Penyusunan LKPJ tahun 2014 yaitu:

  • Buku 1 berisi  laporan keterangan pertanggungjawaban bupati (penjelasan narasi pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah);
  • Buku 2 berisi komprehensif data pendukung  capaian kinerja skpd dan rekapitulasi kegiatan pada skpd sesuai penjelasan narasi pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah).

 

Melalui mekanisme ini diharapkan dokumen LKPJ dapat digunakan dengan lebih dan maksimal. Penyampaian Laporan dari SKPD diharapkan bisa diterima oleh Bappeda dalam hal ini Bidang Statpel pada hari Senin, 2 Februari 2015, adapun alur mekanisme pelaporan bahan penyusunan LKPJ dari seluruh SKPD Kabupaten Tasikmalaya adalah sebagai berikut:

Print

Persiapan Musrenbang Kabupaten Tasikmalaya Tingkat Kecamatan 2015

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Pada hari Rabu, 21 Januari 2015 bertempat di Aula Wiradadaha telah dilaksanakan Rapat Perseiapan (pra) Musrenbang Kabupaten Tasikmalaya tingkat Kecamatan tahun anggaran 2015. Rapat dipimpin oleh Drs. Roni A. Sahroni, MM., selaku sekretaris Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, didampingi oleh Kasubag Program Bappeda Kabupaten Tasikmalaya Tatang Wahyudin, SP., MP. Acara dihadiri oleh seluruh Camat yang hadir beserta undangan dari Tim Pelaksana Musrenbang dari unsur Bappeda dan LSM.

Kegiatan ini merupakan langkah awal yang dibangun antara pihak Kabupaten Tasikmalaya dalam hal ini Bappeda untuk melakukan sinergi dengan pihak kecamatan terkait waktu pelaksanaan dan tim yang akan melakukan musrenbang tingkat Kecamatan. Demi mengefektikan dan mengefisienkan waktu pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, pelaksanaannya dibagi kedalam 6 (enam) Tim sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan akan dimulai pada tanggal 28 Januari - 9 Januari 2015 untuk 3 (tiga) Tim pertama dan tanggal 10 Februari - 18 Februari 2015 untuk 3 (tiga) Tim Kedua.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, menyampaikan kepada pihak kecamatan untuk mempersiapkan pelaksanaan di Kecamatan dengan baik, dan mempersiapkan usulan yang berkaitan dengan arahan Strategis dari Presiden Republik Indonesia  2014-2019 terkait Pembangunan khususnya Perhatian kepada Kemaritiman, dimana Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas panjang 52 km ini bisa menjadi bahan bagi 3 (tiga) Kecamatan di wilayah pesisir untuk mengusulkan pembangunan di wilayah tersebut.

Print

Evaluasi Pelaksanaan Pajak Rokok TA. 2014

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Pada hari Kamis tanggal 15 Januari 2015 telah dilaksanakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program / Kegiatan yang bersumber dari Dana Pajak Rokok Tahun Anggaran 2014. Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, dan didampingi oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Tasikmalaya serta dihadiri oleh SKPD terkait yang mendapatkan alokasi dana dari Pajak Rokok TA. 2014.

Dana Pajak Rokok digunakan pada dua aspek pembangunan yaitu untuk Kesehatan dan Penegakan Hukum , dan Pembangunan infrastruktur dan Pembangunan Lainnya, dimana pembagian alokasi Dana Pajak Rokok sebesar Rp. 41.440.901.824,- (Empat Puluh Satu Milyar Empat Ratus Empat Puluh Juta Sembilan Ratus Satu Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Empat Rupiah) tersebut terbagi sama rata yaitu 50 persen.

Berdasarkan hasil evaluasi dapat dirasakan bahwa penyerapan anggaran dana Pajak Rokok berjalan dengan cukup baik, namun masih memerlukan peningkatan, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan. Kedepan Ir. Tia Kustia menyampaikan agar setiap SKPD untuk dapat memperhitungkan RKA yang dibuat sesuai dengan pelaksanaan.

 

Print

Rakor DBHCHT Kabupaten Tasikmalaya

Written by webadmin. Posted in Berita Bappeda

Pada hari Selasa tanggal 13 Januari 2015 bertempat di Aula Ruang Rapat Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Tasikmalaya telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kab. Tasikmalaya.

Rapat dipimpin oleh Kepala Sub Bidang Sekunder yang dihadiri oleh SKPD yang melaksanakan Kegiatan DBHCHT pada Tahun Anggaran 2014, dengan telah ditetapkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 976.05/1740-Otdaksm/2014 tentang Perkiraaan Alokasi Penerimaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Jawa Barat Tahun 2015, maka Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan alokasi anggaran DBHCHT sebesar Rp. 3.257.084.000,- 

Berdasarkan keputusan tersebut kepada SKPD yang mendapatkan alokasi dana untuk segera mempersiapkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk pelaksanaan Tahun Anggaran 2015.

Login Via Facebook


BULETIN BAPPEDA

Who's online

We have 7 guests and no members online